Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN MUSYRIF DALAM MEMBINA K 3 (KEBERSIHAN, KEINDAHAN DAN KETERTIBAN) DI ASRAMA PUTRA MTS PONDOK PESANTREN AL-MUSLIMUN SEKIJANG KABUPATEN PELALAWAN

ARIZAL, 11011101747 (2017) PERANAN MUSYRIF DALAM MEMBINA K 3 (KEBERSIHAN, KEINDAHAN DAN KETERTIBAN) DI ASRAMA PUTRA MTS PONDOK PESANTREN AL-MUSLIMUN SEKIJANG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kamar asrama yang kotor dan tidak rapi,dijumpai santri yang tidak tepat waktu dalam hal bangun pagi sehingga tertinggal sholat berjamaah, serta dijumpai sampah yang berserakan setelah makan bersama, adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peranan Musyrif Dalam Membina Program K3 (Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban) di Asrama Putra Mts Pondok Pesantren Al-Muslimun Sekijang Kabupaten Pelalawan?, Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peranan musyrif dalam membina program K3 di Pondok Pesantren Al-Muslimun?, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan musyrif dalam membina program K3 (Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban) di Asrama Putra MTs Pondok Pesantren Al-Muslimun, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peranan musyrif dalam membina program K3 di Pondok Pesantrean Al-Muslimun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh musyrif di asrama putra MTs Pondok Pesantren Al-Muslimun Pelalawan yang berjumlah 33 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik total sampling yakni pengambilan sampel dari keseluruhan jumlah populasi yang terdiri dari 33 orang musyrif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan data persentase . Berdasarkan hasil analisa data dalam penelitian peranan musyrif dalam membina K3 di asrama putra MTs pondok pesantren Al Muslimun Pelalawan, dapat disimpulkan bahwa peranan musyrif dalam membina K3 di asrama putra MTs pondok pesantren Al-Muslimun dapat dikatakan sangat baik hal ini dapat di tunjukan dengan hasil penelitian diperoleh nilai persentase peranan musyrif dalam membina K3 pada angka 83,2% yang tergolong berada pada kategori “Sangat Baik”, karena kumulasi berada pada taraf antara 81 sampai 100%. Selain itu faktor-faktor yang mempengaruhi peranan musyrif dalam membina K3 di asrama putra diantaranya adalah musyrif sebagai motivator, fasilitator dan organisator yang selalu megarahkan santri untuk dapat menjalankan segala program K3 di asrama pondok pesantren Al Muslimun Pelalawan. Kata Kunci: Peran Musyrif, Membina K3 (Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:15
Last Modified: 20 Aug 2019 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17710

Actions (login required)

View Item View Item