Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN MOTIVASI DARI GURU DENGAN PERHATIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATULLAH LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK

SUNARTI SOLIHATIN, 11111201757 (2017) HUBUNGAN MOTIVASI DARI GURU DENGAN PERHATIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATULLAH LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu motivasi dari guru (variabel bebas/independen atau variabel X) dan perhatian siswa (variabel terikat/dependen atau variabel Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dari guru, untuk mengetahui perhatian siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan motivasi dari guru dengan perhatian siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Juli sampai Agustus 2016 di Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Lubuk Dalam Kabupaten Siak sedangkan objek penelitian ini adalah hubungan motivasi dari guru dengan perhatian siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Lubuk Dalam Kabupaten Siak yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 3 kelas yaitu, kelas VIII A yang berjumlah 15 orang, VIII B yang berjumlah 14 orang dan VIII C yang berjumlah 13 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh yaitu teknik penentu sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS (Statistical Program Socienty Science) Versi 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa 1). Motivasi dari guru pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Lubuk Dalam Kabupaten Siak tergolong baik, dengan persentase sebesar 65,71%. 2). Perhatian siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Lubuk Dalam Kabupaten Siak tergolong cukup baik, dengan persentase 59,36%. 3). Melalui uji SPSS (Statistical Program Socienty Science) Korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefesien korelasi sebesar 0.831 dengan probabilitasnya 0.000. maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan motivasi dari guru dengan perhatian siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Lubuk Dalam Kabupaten Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:09
Last Modified: 20 Aug 2019 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17704

Actions (login required)

View Item View Item