Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 038 DESA SEI LAMBU MAKMUR KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Nur’aiza Kurniawati (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 038 DESA SEI LAMBU MAKMUR KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011638.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) yang berkorelasi antara guru mata pelajaran Matematika dengan penelti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 038 Desa Sei Lambu Makmur Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah 30 orang dan objeknya adalah Metode Contextual teching And Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan melakukan Operasi Hitung Campuran pada pembelajaran Matematika Siswa Kelas III Desa Sei Lambu Makmur melalui Metode CTL. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana Penerapan Metode CTL dalam Meningkatkan Hasil Kemampuan Melakukan Operasi Hitung Campuran pada Siswa Kelas III SD Negeri 038 Desa Sei Lambu Makmur Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar”. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui sebelum diterapkannya metode CTL, rata-rata hasil belajar siswa hanya tercapai pada ketuntasan sebesar 46.7. Setelah diterapkan metode CTL, ketuntasan siswa belum mencapai 75%. Kemudian setelah refleksi dan dilakukan perbaikan terhadap kelemahan pembelajaran. Diketahui pada siklus ketuntasan siswa meningkat menjadi 73.3%. Namun, ketuntasan siswa masih belum mencapai 75%. Maka, dilakukan kembali perbaikan terhadap kelemahan pembelajaran. dan diketahui pada siklus ketuntasan siswa meningkat menjadi 100%. Artinya seluruh siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:46
Last Modified: 25 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1770

Actions (login required)

View Item View Item