STUDI KUALITAS HADIS-HADIS DALAM BUKU TEKS POKOK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KOTA PEKANBARU

Erdison, (2011) STUDI KUALITAS HADIS-HADIS DALAM BUKU TEKS POKOK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201108.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Drs. Erdison, “Studi kualitas hadis-hadis dalam buku teks pokok Pendidikan Agama Islam SMA kota Pekanbaru.” Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2011. Ketertarikan penulis dalam memilih judul penelitian ini, berawal dari pengalaman selama mengajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di sekolah. Seringnya muncul pertanyaan dari siswa, termasuk dari jemaah seputar persoalan hadis selalu menjadi tanda tanya bagi penulis, disebabkan minimnya pengetahuan tentang ihwal ilmu hadis. Padahal banyak sekali keberadaan hadis-hadis telah mewarnai masyarakat dalam berbagai bidang kehidupannya terutama aspek fiqih yang digunakan sebagai dasar/ landasan untuk beramal dan beribadah. Dalam hal ini juga penting sekali dilakukan kajian tentang kualitas hadis-hadis yang digunakan tim penyusun buku teks pokok Pendidikan Agama Islam kota Pekanbaru, agar dapat menjadi acuan siswa dalam mengamalkan ajaran agamanya setelah al-Qur’an. Buku teks pokok Pendidikan Agama Islam merupakan buku wajib untuk siswa dan buku pegangan guru dalam kegiatan belajar. Buku ini telah digunakan pada setiap Sekolah Menengah Atas/ SMA di kota Pekanbaru baik negeri maupun swasta, yang terhimpun dalam wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP-PAI) sejak Tahun Pelajaran 2003-2004. Isi buku ini disesuaikan dengan tuntutan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), kemudian disempurnakan lagi dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP tahun 2006), yang dilengkapi dengan standar kompetensi, kompetensi dasar dan beberapa indikator, serta memuat materi-materi Pendidikan Agama Islam, di antaranya dengan mengambil dalil al-Qur’an dan hadis Nabi. Secara keseluruhan jumlah hadis-hadis yang dimuat dalam buku Pendidikan Agama Islam kelas X, XI dan XII berjumlah 132 hadis, termasuk hadis yang ditulis secara berulang, meliputi hadis-hadis yang hanya ditulis terjemahannya saja sebanyak 89 hadis (67%), hadis yang ditulis matan dan terjemahannya sebanyak 40 hadis (31%), hadis yang ditulis lengkap dengan memuat matan, sanad dan terjemahannya sebanyak 2 hadis (1%), dan satu hadis yang terputus berupa penggalan hadis saja (1%). Hadis tersebut tidak disertai dengan penjelasan tentang kualitas hadis yang digunakan. Untuk penelitian ini penulis fokuskan pada buku teks pokok Pendidikan Agama Islam Kelas XII, yang memuat 48 hadis, diantaranya 25 hadis yang berkaitan dengan aspek fiqih dalam bab V tentang pernikahan dan bab XI tentang mawaris. Dengan menggunakan metode deskriptif-analitis. Penelitian ini mengambil empat jalur sanad hadis aspek fiqih yang digunakan sebagai dalil/ sumber hukum yaitu: hadis pada jalur sanad Ahmad tentang adanya wali dalam pernikahan, hadis pada jalur sanad Abu Dawud dan Ibnu Majah tentang talak serta hadis pada jalur sanad al-Nasa’i tentang pembunuh tidak dapat mewarisi harta dari yang dibunuhnya. melalui dua pendekatan yaitu pendekatan sejarah (historical factual) dan pendekatan isi (content analisis).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 26 Dec 2015 07:31
Last Modified: 26 Dec 2015 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item