Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN SUGESTI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR

RAFIKA PUTRI, 1126204352 (2017) PENGARUH PEMBERIAN SUGESTI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya aktivitas belajar siswa, padahal guru ekonomi sudah memberi sugesti kepada siswa dengan cara membujuk siswa untuk terlibat aktif, memberikan pujian, tidak menakut-nakuti siswa dengan memberikan sanksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian sugesti terhadap aktivitas belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar pada pokok bahasan ekonomi kebutuhan dan kelangkaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh pemberian sugesti terhadap aktivitas belajar siswa mata pelajaran Ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 1 Kampar dengan jumlah sampel sebanyak 109 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa adanya pengaruh yang signifikan pemberian sugesti terhadap aktivitas belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Hal ini dilihat dari rhitung > rtabel (0,195< 0,612> 0,254). Persentase sumbangan pengaruh pemberian sugesti terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 37,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:17
Last Modified: 20 Aug 2019 03:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17671

Actions (login required)

View Item View Item