PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI SEMANGAT KERJA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL DELIKAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Lisna, (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI SEMANGAT KERJA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL DELIKAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 011 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011633.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 011 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, yaitu rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa materi Semangat Kerja, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan pembelajaran Model Delikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Model Delikan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Semangat Kerja Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 011 Kemang Indah Kecamatan Tambang Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan serangkaian tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran untuk mengetahui hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan pembelajaran Model Delikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan diketahui bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan rata-rata 65 dan ketuntasan kelas mencapai 50% dari keseluruhan siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke I hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 69,75 dan ketuntasan kelas mencapai 70%. Pada siklus ke II meningkat lagi hingga mencapai nilai rata-rata 72,25 dengan ketuntasan kelas mencapai 85%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan pembelajaran model Delikan secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya dan sesuai pula dengan materi pelajaran yang diajarkan maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 011 Kemang Indah Kecamatan Tambang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:43
Last Modified: 25 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item