PENGGUNAAN STRATEGI GO TO YOUR POST UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 052 BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

Erpanida, (2011) PENGGUNAAN STRATEGI GO TO YOUR POST UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 052 BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011629.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 052 Bukit Raya Kota Pekanbaru, ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain : Kurangnya perhatian siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), hal ini terlihat hanya 10 atau 28% dan 35 orang siswa yang tidak senang mengikuti pelajaran tersebut 11 orang siswa atau 31% dan 35 orang siswa yang tidak bisa berusaha menyerahkan tugas yang diberikan guru dengan tepat waktu. Saat proses belajar mengajar, hanya 8 orang siswa atau 22% dan 35 orang siswa yang ikut berpartisipasi aktif Hal ini ditunjukkan oleh sedikitnya siswa yang mau bertanya atau mengajukan pendapat kepada guru. Guru kurang dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, guru langsung menyampaikan materi pelajaran tanpa memberikan pengantar pelajaran yang dapat memancing siswa untuk menghubungkan terhadap materi yang akan dipelajari. Saat proses pembelajaran guru tidak melakukan apersepsi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada Materi Globalisasi siswa kelas IV SD Negeri 052 Bukit Raya Kota Pekanbaru dengan menggunakan Strategi Go To Your Post. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 052 Bukit Raya Kota Pekanbaru tahun Pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan penerapan Strategi Go To Your Post. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Pada data awal minat belajar siswa tergolong kurang berminat dengan rata-rata persentase 39,6, terjadi peningkatan sebesar 20.4% pada siklus I menjadi rata-rata persentase 60. Sedangkan minat belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan sebesar 15,5% menjadi rata-rata persentase 75,5 dengan kategori tinggi, hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan Strategi Go To Your Post dapat meningkatkan minat belajar siswa, dengan demikian Strategi Go To Your Post dapat meningkatkan Minat belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pada Materi Globalisasi siswa kelas IV SD Negeri 052 Bukit Raya Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:42
Last Modified: 25 Jan 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item View Item