Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KREATIVITAS BELEJAR MATEMATIKA MATERI GEOMETRI MELALUI TEORI VAN HIELE MURID KELAS V SD NEGERI 002 MUARA MUSU KECAMATAN RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU

Sarfanida (2011) PENINGKATAN KREATIVITAS BELEJAR MATEMATIKA MATERI GEOMETRI MELALUI TEORI VAN HIELE MURID KELAS V SD NEGERI 002 MUARA MUSU KECAMATAN RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011625.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan teori Van Hiele dalam pelajaran matematika materi geometri agar dapat meningkatkan kreativitas belajar murid kelas V SD negeri 002 Muara Musu Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 002 Muara Musu ditemui adanya gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya kreativitas belajar yaitu sebagian besar murid hanya dapat melihat masalah pada satu sudut pandang, sehingga tidak bisa memberikan jawaban yang variatif. Murid tidak bisa memberikan jawaban yang berbeda diberikan murid lain, jawaban yang diberikan sudah lazim diberikan murid lain. Sebagian besar murid tidak mengajukan pertanyaan, baik mengenai pelajaran ataupun pengalaman barunya. Melihat permasalahan ini penulis merasa perlu mengembangkan suatu teori pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas belajar murid. Agar tercapainya tujuan penelitian ini, maka penulis melakukan penelitian dengan judul peningkatan kreativitas belajar matematika Materi geometri melalui teori Van Hiele Murid kelas V SD Negeri 002 Muara Musu Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian PTK ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian peningkatan kreativitas belajar matematika murid sebelum tindakan diperoleh rata-rata murid 61,20% dengan kategori ”Rendah”. Pada siklus I diperoleh rata-rata murid 71,60% dengan kategori ”Sedang”. Pada siklus II diperoleh rata-rata murid 87,60% dengan kategori ” Tinggi”. Dari data ini menunjukkan bahwa teori Van Hiele dapat menigkatkan kreativitas belajar matematika murid kelas V SD Negeri 002 Muara Musu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:36
Last Modified: 25 Jan 2016 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item