UPAYA GURU KELAS MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN DEMOKRASI TERHADAP SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PGRI PERAWANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Ulfa Herfina H, (2011) UPAYA GURU KELAS MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN DEMOKRASI TERHADAP SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PGRI PERAWANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011623.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pendekatan demokrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar PGRI Perawang kecamatan Tualang kabupaten Siak. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah Apakah penerapan pendekatan demokrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VA Sekolah Dasar PGRI Perawang kecamatan Tualang kabupaten Siak. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VA Sekolah Dasar PGRI Perawang dan objek penelitian ini adalah Pendekatan Demokrasi untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi belajar bahasa indonesia, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa maka data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Dari hasil analisis data siswa sebelum tindakan diperoleh pencapaian indikator motivasi belajar siswa adalah 3,31 (Sedang). Pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 4.00 (tinggi). Kemudian dilanjutkan lagi pada siklus II ternyata motivasi belajar siswa juga meningkat 4.56 (sangat tinggi). sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Demokrasi dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa indonesia siswa kelas VA Sekolah Dasar PGRI Perawang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:31
Last Modified: 25 Jan 2016 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item View Item