PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID

SITI RAUDHAH GUSRI DWIDINDA ARFA (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017574PK.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017574PK.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017574PK.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017574PK.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017574PK.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017574PK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017574PK.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017574PK.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017574PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017574PK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017574PK.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan handout terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas XI MIPA yang mempunyai tingkat homogenitas yang sama. Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80,33 sedangkan kelas kontrol adalah 75,67. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes “t”, maka diperoleh nilai thitung = 2,35 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel,sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan handout terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Padang Panjang, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 8%. Kata kunci : Problem Based Learning, Handout, Hasil Belajar , Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 19 Aug 2019 06:15
Last Modified: 19 Aug 2019 06:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17526

Actions (login required)

View Item View Item