UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA MEMBOLOS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

SUARNI DESWITA (2017) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA MEMBOLOS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017572KI.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017572KI.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017572KI.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017572KI.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017572KI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017572KI.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017572KI.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017572KI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017572KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017572KI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017572KI.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi siswa membolos (2) untuk mengetahui faktor yang menyebabkan siswa membolos di SMA N 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif dengan persentase. Subyek penelitian ini adalah guru Bimbingan konseling, sedangkan Obyek penelitian ini adalah upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi siswa membolos dan faktor yang menyebabkan siswa membolos. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling, kemudian informan pendukung adalah siswa yang memiliki kebiasaan membolos. Untuk mengumpulkan data di gunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian di analisis dengan teknik persentase, yaitu mempersentasekan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi siswa membolos yaitu: Dari hasil observasi terhadap guru bimbingan konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru dapat diketahui pelaksanaan layanan bimbingan konseling dalam mengatasi siswa membolos di sSekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru tergolong “Baik” diperoleh persentase sebesar 78,13% berada pada kategori 61-80%. Sedangkan faktorfaktor yang menyebabkan siswa membolos adalah. (1 ) ada guru yang tidak disuki dalam proses belajar mengajar (2) kebiasaan siswa tidur larut malam (3) pengaruh lingkungan sekolah yang kurang kondusif (4) pengaruh teman (5) belum adanya rasa percaya diri dan motivasi dari dalam diri. Kata Kunci : Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa Membolos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 19 Aug 2019 06:10
Last Modified: 19 Aug 2019 06:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17522

Actions (login required)

View Item View Item