PENERAPAN STRATEGI DELIVERY YANG BERORIENTASI PADA TUJUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN 027 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Mahendra, (2011) PENERAPAN STRATEGI DELIVERY YANG BERORIENTASI PADA TUJUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN 027 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011616.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan pada siswa kelas IV SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya, yaitu rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa materi Sumber daya alam, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan Strategi Pembelajaran Delivery yang Beroreantasi pada Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Strategi Pembelajaran Delivery yang Beroreantasi Pada Tujuan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi sumber daya alam siswa Kelas IV SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan serangkaian tes yang diajukan pada siswa untuk menentukan hasil belajar siswa setelah penerapan Strategi Pembelajaran Delivery yang Beroreantasi pada Tujuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan diketahui bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan rata-rata 66 dan ketuntasan kelas mencapai 50% dari keseluruhan siswa setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke I hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 69,75 dan ketuntasan kelas mencapai 70%. Pada siklus ke II meningkat lagi hingga mencapai nilai rata-rata 72,25 dengan ketuntasan kelas mencapai 85%. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi ”Melalui penerapan pembelajaran Strategi Pembelajaran Delivery yang Beroreantasi Pada Tujuan dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi sumber daya alam Siswa Kelas IV SDN 027 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya “Diterima” artinya apabila diterapkan pembelajaran Strategi Pembelajaran Delivery yang Beroreantasi Pada Tujuan secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya dan sesuai pula dengan materi pelajaran yang diajarkan maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:26
Last Modified: 25 Jan 2016 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item