Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 059 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Hasbi Assidik (2011) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE TANYA JAWAB DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 059 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011615.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi dilapangan pada siswa kelas III SDN 059 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar yaitu rendahnya prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penggunaan metode tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan penerapan metode tanya jawab dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas III SD Negeri 059 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 059 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur, Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah penggunaan metode tanya jawab dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dengan penggunaan metode tanya jawab dan tes belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesaikan penelitian satu siklus pada materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa dengan rata-rata 69, ketuntasan kelas mencapai 70% dengan klasifikasi “Cukup” antara rentang 56%-70%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke 2 maka lebih meningkat dan telah mencapai nilai rata-rata 72,25 dan ketuntasan kelas mencapai 90% maka prestasi belajar siswa siklus ke II berada pada klasifikasi “Baik Sekali” antara rentang 86%-100%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila digunakan Pengunaan Metode Tanya Jawab secara benar maka dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:25
Last Modified: 25 Jan 2016 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1751

Actions (login required)

View Item View Item