MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT TENTANG PENGALAMAN MELALUI METODE FAST WRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 002 KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

Afnidar, (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT TENTANG PENGALAMAN MELALUI METODE FAST WRITING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 002 KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011613.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis surat tentang pengalaman, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu apakah melalui metode Fastwriting dapat meningkatkan kemampuan menulis surat tentang pengalaman pada mata pelajaran Bahada Indonesia siswa kelas IV SDN 002 Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 002 Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar, tahun pelajaran 2010 – 2011 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Sedangkan yang menjadi Objek penelitian ini adalah penerapan metode Fastwriting untuk meningkatkan kemampuan menulis surat tentang pengalaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase kemampuan siswa pada sebelum tindakan mencapai persentase 55,6% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 55,6% berada pada rentang 40-55%. Setelah dilakukan tindakan melalui metode Fastwriting, kemampuan siswa meningkat dengan persentase 72,2% dengan kategori “Cukup Mampu” karena berada pada rentang 56-75%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan siswa dalam menulis surat tentang pengalaman melalui metode Fastwriting mengalami peningkatan yang cukup memuaskan dengan persentase 89,4% dengan kategori “Mampu” karena berada pada rentang 76-100%. Artinya kemampuan siswa kelas IV SDN 002 Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar Dalam Menulis Surat Tentang Pengalaman telah mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:23
Last Modified: 25 Jan 2016 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item