NIA LEDY PRATIWI (2017) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017541PMT.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017541PMT.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017541PMT.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017541PMT.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017541PMT.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017541PMT.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017541PMT.pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017541PMT.pdf Download (713kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017541PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017541PMT.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017541PMT.pdf Download (406kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Card Sort terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two Factorial design). Instrument yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Card Sort terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil nya di peroleh bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh . Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasil nya di peroleh pada taraf signifikan 5% yakni . Adapun besar kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi adalah dan sisanya di tentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian secara umum pembelajaran kooperatif tipe Card Sort berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru Kata kunci : CARD SORT, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 07:24 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 07:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17452 |
Actions (login required)
View Item |