Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MEMAHAMI MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH KELAS IV SDN 006 KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU

Riko Tomas Rambe (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MEMAHAMI MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH KELAS IV SDN 006 KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011611.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 006 Kecamatan Senapelan Pekanbaru penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya: 1) Aktivitas belajar IPS siswa masih tergolong rendah terlihat dari hasil belajar siswa yang masih kurang dari standar ketuntasan belajar yang pada umumnya mencapai 65%, 2) Siswa jarang bertanya dan mengemukakan pendapatnya kepada guru, 3) Jika disuruh kepapan tulis siswa sering tidak mau dan takut, 4) Saat guru menyampaikan materi pelajaran masih ada siswa yang tidak memperhatikan guru, 5) Masih ada siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan guru. melihat keadaan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan suatu perbaikan terhadap aktivitas belajar siswa. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circuit Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS dalam memahami materi menghargai peninggalan sejarah kelas IV SDN 006 Kecamatan Senapelan Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang SDN 006 Kecamatan Senapelan Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circuit Learning dalam aktivitas belajar siswa pada materi menghargai peninggalan sejarah. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian kelas ini yaitu 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan kurang dengan nilai rata-rata 55,14%, siklus II naik menjadi 63,97% dikategorikan baik sedangkan siklus III kemampuan rata-rata siswa dikategorikan baik sekali dengan nilai rata-rata 80,14% . Dengan ketuntasan keberhasilan 80,14% siswa telah mencapai nilai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu tingkat keberhasilan telah melebihi 65,00% dari jumlah seluruh siswa, artinya sebagian besar siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 65%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:20
Last Modified: 25 Jan 2016 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item View Item