STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SDN O53 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Hermayanti, (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SDN O53 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011596.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar SAINS siswa kelas V SDN 053 Ranah Kec. Kampar kabupaten kampar. Setelah Strategi Active Knowlwdge sharing pada pokok bahasan sumber daya alam dan penggunaannya dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pembelajaran Active Knowldge Sharing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SAINS kelas V 053 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu pendidikan berperan langsung dalam proses pembelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan guru dalam mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran mulai dari RPP, LKS, dan tahap repleksi proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 053 Ranah kecamatan kampar kabupaten kampar tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 26 siswa dan objek penelitian ini adalah strategi Active Knowledge Sharing. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 3 kali yaitu satu kali pertemuan tampa tindakan dan dua kali pertemuan dengan tindakan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Data tersebut di analisis dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Dengan mengunakan teknik persentase, adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah 80% siswa telah mencapai kategori kuat dengan angka persentase ≥ 70,5% dari hasil tersebut, dapat di ketahui apakah terjadi peningkatan aktivitas atau tidak dari setiap siklus yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis data observasi siswa, pada tindakan siklus I dan siklus II berturut-turut( pra tindakan 8%, siklus I 15%, siklus II 80%) persentase siswa yang mencapai ≥ 70,5%. sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar SAINS siswa kelas V SDN 053 Ranah. Terjadi pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II yaitu setelah strategi Active Knowledge Sharing Pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam dan Penggunaanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:08
Last Modified: 25 Jan 2016 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1740

Actions (login required)

View Item View Item