MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 015 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Romi Laspita, (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 015 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011598.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Sains siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar setelah mengikuti pelajaran dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa kelas IV SDN 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar.” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan Pendekatan Keterampilan Proses yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar yang baik, hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas IV sesudah tindakan, yang mana terjadi peningkatan yang signifikan. Sebelum tindakan mean hasil belajar siswa masih tergolong rendah yaitu 62,40 dan yang tuntas hanya 13 orang (48,14 %), kemudian setelah diadakan tindakan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II kemudian ke siklus III. Dari hasil analisis diperoleh pada siklus I mean hasil belajar siswa yaitu 67,77 dan siswa yang tuntas 18 orang (66,66 %), siklus II mean hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,20 dan siswa yang tuntas 19 orang (76 %). Sedangkan pada siklus III mean hasil belajar siswa lebih meningkat menjadi 77,03 dan yang tuntas 23 orang (85,18 %). Hal ini berarti pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar pada pokok bahasan Energi dan Penggunaannya sesudah diberikan tindakan mencapai ketuntasan klasikal. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa kelas IV pokok bahasan Energi dan Penggunaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:09
Last Modified: 25 Jan 2016 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1739

Actions (login required)

View Item View Item