Dahlia (2011) PENERAPAN STRATEGI PLANTED QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SIFAT JAIZ ALLAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 DESA HIDUP BARU KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011595.pdf Download (439kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Adapun gelaja-gejala yang peneliti temui di lapangan adalah 1) Terdapat sebagian siswa yang hanya diam sepanjang pelajaran pendidiakn agama isalma berlangsung padahal ia kurang mengarti dengan apa yang di jelaskan oleh gurunya 2) Siswa kurang memberikan tanggapan terhadap pertanyaan yang di berikn oleh guru 3) Siswa jarang bertanya dan mengemukakan pendapat kepada guru 4) jika di suruh kedepan siswa sering tidak mau dan takut. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu: Apakah penggunaan Strategi Planted question dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar kelas IV SDN 004 Desa Hidup BaruKecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Sebagai Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 004 Desa Hidup BaruKecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah murid 22 orang, terdiri atas 9 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah (1) variable Meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, (2) variabel penerapan strategi Planted question. . Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat keaktifan siswa pada Siklus I sebelum tindakan berada dalam kategori rendah dengan angka 56,8% untuk alternatif “Ya” dan angka 43,1 untuk alternatif “Tidak”. Setelah dilaksanakan strategi Planted Question pada siklis I tindakan II maka tingkat keaktifan siswa meningkat dengan angka 69,3% untuk alternatif “Ya” dan angka 30,6% untuk alternatif “Tidak” berada dalam kategori sedang. Dan setelah diakan refleksi pada siklus I tindkan III penerapan strategi Planted Question keaktifan siswa meningkat lagi dengan angka 82,9% untuk alternatif “Ya” dan angka 17,0% untuk alternatif “Tidak” berada dalam kategori baik sekali.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 03:05 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 03:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1734 |
Actions (login required)
View Item |