MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA MELALUI LEARNING STARTS WITH A QUESTION MURID KELAS IV SDN 017 KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Risti Fauzia, (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA MELALUI LEARNING STARTS WITH A QUESTION MURID KELAS IV SDN 017 KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011585.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar murid dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran PKn. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Penerapan Strategi Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) murid kelas IV SDN 017 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Adapun subjek penelitian ini adalah murid SDN017 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, yang berjumlah 42 orang. Sedangkan objeknya adalah meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) murid kelas IV SDN 017 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 28 Maret sampai 18 April 2011. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus delakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian ini, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan / persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan refleksi. Dari hasil tes belajar murid sebelum tindakan diperoleh rata-rata dengan 60,71. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan rata-rata 64,76. Kemudian setelah dilakukan tes pada siklus II ternyata hasil belajar siswa juga meningkat dengan rata- rata 78,57. Adapun peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan ke siklus I yaitu sebesar 4,05 %. Sedangkan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 13,81%. Jadi peningkatan secara keseluruhan dari sebelum tindakan sampai pada siklus II sebesar 17,86 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:50
Last Modified: 25 Jan 2016 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item