PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS PADA MATERI KERAJAAN HINDU BUDHA DI INDONESIA SISWA KELAS V SDN 003 SAWAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Sri Dona Mardalena, (2011) PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE DEBATE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS PADA MATERI KERAJAAN HINDU BUDHA DI INDONESIA SISWA KELAS V SDN 003 SAWAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011579.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 003 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, ditemui adanya gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain : adanya sebagian siswa yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang cenderung banyak bermain, dalam proses pembelajaran siswa cenderung lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan guru, aktivitas dalam proses diskusi siswa kurang aktif sehingga menuntut kreatifitas guru untuk menggugah keaktifan dalam berdiskusi, khususnya dalam mata pelajaran IPS. Kurangnya keterlibatan siswa untuk berhasil dalam belajar IPS. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung lebih banyak diam, bahkan ada yang tidur pada saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa maka pada penelitian ini digunakan strategi Active Debate dalam pelajaran IPS kelas V SDN 003 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS. Sebelum tindakan rata-rata klasikal nilai siswa adalah 46%. Pada siklus I aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 63%. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 79% pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian penggunaan strategi active debate dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 003 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar pada pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:46
Last Modified: 25 Jan 2016 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item