PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KENAMPAKAN ALAM SOSIAL DAN BUDAYA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 059 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR

Nurliana, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KENAMPAKAN ALAM SOSIAL DAN BUDAYA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 059 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011569.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 059 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar, yaitu rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa materi kenampakan Alam Sosial dan Budaya, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi kenampakan Alam Sosial dan Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 059 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan serangkaian tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran untuk mengetahui hasil belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan diketahui bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dengan rata-rata 64 dan ketuntasan kelas mencapai 50% dari keseluruhan siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke I hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 64,75 dan ketuntasan kelas mencapai 70%. Pada siklus ke II meningkat lagi hingga mencapai nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan kelas mencapai 90%. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan model pembelajaran Mastery Learning secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya dan sesuai pula dengan materi pelajaran yang diajarkan maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 059 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:42
Last Modified: 25 Jan 2016 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item