PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK (THORNDIKE) MELALUI TEKNIK DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA DALAM MATERI MENGARANG SISWA KELAS V SDN 023 SEDINGINAN KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR

Aryani Yuningsih, (2011) PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK (THORNDIKE) MELALUI TEKNIK DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA DALAM MATERI MENGARANG SISWA KELAS V SDN 023 SEDINGINAN KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011560.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa maka pada penelitian ini diterapkan Teori Belajar Behavioristik (Thorndike) Melalui Teknik Drill and Practice. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana penerapan teori belajar Behavioristik melalui teknik Drill and Practice untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia dalam materi mengarang siswa kelas V SDN 023 Sedinginan Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir?”. Sedangkan yang menjadi hipotesis penelitian yaitu: melalui penerapan teori belajar Behavioristik (Thorndike) melalui teknik Drill and Practice dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia dalam materi mengarang siswa kelas V SDN 023 Sedinginan Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang menganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia dalam materi mengarang siswa kelas V SDN 023 Sedinginan Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir dari data awal peneliti memperoleh skor rata-rata 51% berada pada klasifikasi sedang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata persentase 58% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase. 81% dengan kategori sangat tinggi. Hasil ini menunjukan bahwa melalui Teori Belajar Behavioristik (Thorndike) Melalui Teknik Drill and Practice dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:41
Last Modified: 25 Jan 2016 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item