Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 059 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Afriadi (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 059 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011534.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 059 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar, penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya hanya 10 siswa atau 50% dari seluruh siswa yang mencapai nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah yaitu 65, siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas khususnya pada mata pelajaran Sains, hal ini terlihat bahwa lebih dari 70% siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya, dan faktor lain yang menyebabkan hasil belajar rendah diantaranya sulitnya siswa memusatkan perhatian sehingga siswa tidak mendapat informasi atau penyelesaian dari teman kelompok ataupun guru dan kurangnya aktivitas siswa dalam membangun pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata nilai 59 dengan kategori sedang, pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai 66 dengan kategori sedang, dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sangat memuaskan dengan perolehan rata-rata nilai 82 dengan kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran sains materi organ pernapasan hewan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:39
Last Modified: 25 Jan 2016 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item View Item