Nursadi (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BRAIN STORMING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 019 TABING KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011415.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 019 Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode brain storming. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas dengan tujuan meningkatkan kekurangan yang terdapat di dalam proses pembelajaran di kelas, salah satunya adalah meningkatkan keaktifan belajar kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 019 Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar, karena penulis melihat keaktifan belajar siswa terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia tergolong rendah yaitu 17,7 %, ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapakan metode brain storming, keaktifan belajar kemampuan berbicara siswa terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari hasil observasi siklus pertama dengan rata-rata 46,6%, sedangkan hasil observasi pada siklus kedua dengan rata-rata 88,8%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode brain storming dapat meningkatkan keaktifan belajar kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 019 Tabing Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 02:37 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 02:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1723 |
Actions (login required)
View Item |