ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI DAN NON AKUNTANSI UIN SUSKA RIAU TERHADAP PENERAPAN PRINSIP AKUNTANSI SYARI’AH DI PERBANKAN SYARI’AH PEKANBARU

MUHAMMAD SYARIF, (2017) ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI DAN NON AKUNTANSI UIN SUSKA RIAU TERHADAP PENERAPAN PRINSIP AKUNTANSI SYARI’AH DI PERBANKAN SYARI’AH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN (1).pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Jurusan Akuntansi dan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Jurusan Ekonomi Islam yang berlangsung selama 2 bulan yaitu bulan November dan Desember 2016. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Akuntansi UIN Suska Riau dan mahasiswa Ekonomi Islam UIN Suska Riau terhadap penerapan prinsip akuntansi syariah di perbankan syariah Pekanbaru dengan mengukur dari variabel prinsip persaudaraan, keadilan, keseimbangan, kemaslahatan dan universalisme. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan gambaran dan pemetaaan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa Akuntansi dan mahasiswa Ekonomi Islam tentang current issues yang sedang berkembang saat ini seperti ekonomi Islam dan perbankan syariah. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau dan mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Suska Riau yaitu mahasiswa semester VII dengan jumlah populasi 967 mahasiswa. Besar sampel penulis tetapkan dengan menggunakan rumus Slovin sehinggga diperoleh jumlah sampel sebanyak 165 mahasiswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney / Wilcoxon diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa Akuntansi dan mahasiswa Ekonomi Islam UIN Suska Riau terhadap penerapan prinsip akuntansi syariah di perbankan syariah Pekanbaru karena Ha ditolak dan H0 terima dengan nilai probabilitas hasil uji hipotesis > 0,05. Artinya mahasiswa Akuntansi dan mahasiswa Ekonomi Islam percaya bahwa prinsip akutansi syariah yang berasaskan persaudaraan, keadilan, keseimbangan, kemaslahatan dan universalisme layak dan baik untuk diterapkan di perbankan syariah pekanbaru. Kata kunci: persaudaraan, keadilan, keseimbangan, kemaslahatan dan universalisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Ms. Ernawati
Date Deposited: 13 Aug 2019 05:17
Last Modified: 13 Aug 2019 05:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17213

Actions (login required)

View Item View Item