PENERAPAN STRATEGI EMPTY OUTLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SURAT AL-ADIYAT MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI I PEKANBARU

Etri Nilpida, (2011) PENERAPAN STRATEGI EMPTY OUTLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SURAT AL-ADIYAT MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI I PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011411.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Pekanbaru terdapat gejala-gejala dan fenomena-fenomena dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, nilai rata-rata sebagian siswa hanya 5,5 dari kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu 6,5. Sulitnya siswa menghafal surat Al-Adiyat ini terlihat hanya sebagian siswa dari 22 orang siswa yang bisa menghafal dengan benar.Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah terutama pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut maka diterapkanlah strategi Empty Outline. Adapun rumusan masalah adalah Apakah dengan penerapan strategi Empty Outline dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Pekanbaru pada materi surat Al-Adiyat mata pelajaran Al- Qur’an Hadist. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi surat al-adiyat mata pelajaran al-qur’an hadits. Sedangkan yang menjadi hipotesis tindakan Yaitu Dengan penerapan strategi Empty Outline, maka hasil belajar surat Al-Adiyat pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Pekanbaru meningkat. Penelitian ini dilakukan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa ada hambatan yang menganggu kelancaran penelitian, maka peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas,yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari data awal ke siklus I dan siklus II. Pada data awal hasil belajar siswa tergolong rendah dengan rata-rata persentase 55, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata persentase 65. Sedangkan hasil belajar pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 75. hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan Strategi Empty Outline dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:36
Last Modified: 25 Jan 2016 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item