Khairul Muslim (2011) PENERAPAN STRATEGI PLANTET QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD N 012 AURSATI KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011393.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena antara lain 1) Ketika proses pembelajaran berlangsung siswa kebanyakan diam, mendengar, dan menerima apasaja yang diberikan guru, 2) Ketika guru menerapkan metode tanya jawab hanya ada beberapa orang siswa saja yang mau bertanya, 3) Sedikitnya siswa yang mau menanggapi pertanyaan yang berbentuk lisan dari guru. Dan 4) Siswa kebanyakan diam dan sedikit sekali siswa yang berkeinginan untuk menanyakan materi pelajaran yang belum mereka pahami. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan Strategi Plantet questions dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 012 Aursati. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2008-2009 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah “Penerapan Strategi Plantet Questions Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD N 012 Aursati Kecamatan Tambang”. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 012 Aursati Kecamatan Tambang khususnya pada kelas V tahun ajaran 2008-2009. Adapun waktu penelitian ini direncanakan bulan April sampai dengan Mei 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan analisis data diperoleh fakta bahwa dengan penerapan strategi plantet questions, terdapat peningkatan keaktifan siswa jika dilihat dari hasil pengamatan berdasarkan rata-rata setelah tindakan lebih tinggi dibandingkan hasil pengamatan sebelum tindakan, dimana pada sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 52,1%, dan siklus I persentase rata-rata keaktifan siswa 62,5% sedangkan siklus II dicapai persentase rata-rata sebesar 77,5% atau dapat dikatakan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan (minimal 75%).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 02:35 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 02:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1720 |
Actions (login required)
View Item |