PENERAPAN STRATEGI SPOTLIGHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI URUTAN BILANGAN SISWA KELAS II SDN 063 BUKIT KRATAI KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Fauziah Nur, (2011) PENERAPAN STRATEGI SPOTLIGHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI URUTAN BILANGAN SISWA KELAS II SDN 063 BUKIT KRATAI KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011269.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi spotlight tentang urutan bilangan pada mata pelajaran matematika di SDN 063 Bukit Kratai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 063 Bukit Kratai yang berjumlah 20 orang, 10 laki-laki dan 10 perempuan. Sedangkan pokok bahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah urutan bilangan dan obyek penelitian ini adalah strategi spotlight untuk meningkatkan hasil belajr siswa. Data penelitian ini berupa nilai tes hasil belajar siswa sebelum tindakan, dan nilai tes hasil belajar setelah siswa mengikuti tindakan dengan menggunakan strategi spotlight pada mata pelajaran Matematika pada materi urutan bilangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data ini yang menjadi observer adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh guru kelas II SDN 063 Bukit Kratai. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang hasil belajar yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan (dua siklus). Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penerapan strategi spotlight. Dapat dilihat dari nilai rata-rata (mean) sebelum tindakan lebih kecil dari mean setelah tindakan, dimana mean sebelum tindakan 51,50 dan mean setelah tindakan pada siklus I 61,50 dan siklus II 69,50 pada siklus II telah terjadi peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi spotlight dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 063 Bukit Kratai Kecamatan Rumbio Jaya materi urutan bilangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:34
Last Modified: 25 Jan 2016 02:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1718

Actions (login required)

View Item View Item