Yeni Rospita (2011) PENERAPAN STRATEGI MASTER-PLAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA SISWA KELAS V SD NEGERI 036 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011247.pdf Download (770kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Berdasarkan hasil pengamatan di SD Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung, ditemui beberapa gejala atau fenomena, seperti; 1) Siswa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal ini terlihat ketika dilakukan post test, dari 22 siswa hanya ada 7 atau 31,82% siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan, 2) Diketahui dari nilai raport khususnya pada pelajaran Sains, bahwa siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (minimal nilai 65) yang ditetapkan di SD Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung hanya ada 41,82% atau 10 siswa, 3) Kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan metode yang bervariasi dan cenderung konvensional seperti ceramah ataupun tanya jawab, sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif, 4) Saat dilakukan tanya jawab, hanya sebagian kecil saja siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar, dan 5) Dan hasil evaluasi yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran, siswa yang dapat mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan juga hanya sebagian kecil saja. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: Apakah penerapan strategi Master- Plan dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada materi bumi dan alam semesta siswa kelas V SD Negeri Karya Indah Kecamatan Tapung? Berdasarkan basil penelitian, rata-rata persentase hasil belajar siswa pada siklus pertama dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 70 atau klasifikasi nilai sedang, dan pada siklus kedua naik menjadi 81,14 dengan klasifilcasi nilai tinggi. Kemudian ketuntasan / keberhasilan yang diraih siswa sebesar 100% mencapai nilai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu tingkat keberhasilan telah melebihi 75% dari jumlah seluruh siswa, artinya sebagian besar siswa telah mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan Strategi Master-Plan dapat meningkatkan basil belajar Sain Pada Pokok Bahasan Bumi dan Alam Semesta pada Siswa Kelas V SDN 036 Karya Indah Kecamatan Tapung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 02:33 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 02:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1717 |
Actions (login required)
View Item |