PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS III C SD NEGERI 007 BUKIT RAYA PEKANBARU

Siti Khoiriah, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA TENTANG BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS III C SD NEGERI 007 BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011204.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan penulis di SD Negeri 007 Bukit Raya Pekanbaru, ternyata hasil belajar sains siswa masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik untuk mencari solusi sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran kooperatif Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas IIIc. SD Negeri 007 Bukit Raya Pekanbaru. Dari permasalahan tersebut peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif Course Review Horay . Agar hasil belajar sains siswa dapat meningkat . Course Review Horay ini merupakan strategi belajar yang sangat menyenangkan, dan menjadikan suasana belajar meriah dengan langkah-langkah sebagai berikut : Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, menyajikan materi, Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya jawab, siswa disuruh mengisi nomor kotak 5/10/25 sesuai dengan kebutuhan, Siswa menulis jawaban di dalam kotak disesuaikan dengan nomor soal, siswa yang benar harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya ,nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh , kesimpulan, dan penutup. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 007 Bukit Raya selama 4 kali pertemuan. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes, dokumentasi dan Observasi. Analisis data ini menggunakan rumus klasikal. Dari proses analis data dipeoleh hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran Course Review Horay. Pertemuan pertama 42.85% dan pertemuan kedua 60.00%, pertemuan ketiga 85.71%, sedangkan pertemuan keempat atau evaluasi yaitu 85.71%. Dari hasil tersebut dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa. Maka peneliti ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:30
Last Modified: 25 Jan 2016 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item