MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI ALAT PERNAPASAN PADA MANUSIA PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 023 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Nurhayati, (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI ALAT PERNAPASAN PADA MANUSIA PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 023 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011173.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar sangat terngantung pada sejumlah aktifitas yang dilakukan. Dadam belajar siswa dituntut untuk aktif dan kreatif dalam peruses pembelajaran seorang guru menjadi pendidik berarti sekaligus menjadi penbimbing, membimbing disini dikatakan menuntut anak didik dalam perkembangan dengan jalan memberikan arahan yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetehuan Alam Materi Alat Pernapasan Pada Manusia Melalui Media Gambar Keles V SDN 023 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar dan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan dalam memahami Alat Pernapasan Pada Manusia setelah menggunakan Media Cambar tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Media Gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 023 Teratak Kecamataan Rumbio Jaya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi Alat Pernapasan Pada Manusia. Data tentang kemampuan siswa diperoleh melalui lembaran obserpasi pada 22 orang siswa kelas V, begitu juga data tentang usaha guru dalam meningkatkan kemampuan siswa diperoleh melalui lembar obserpasi mulai dari obserpasi awal, obserpasi siklus I, II dan III. Selanjutnya dihitung jumlah jawaban responden pada setiap siklus dan dihitung dengan rumus: Hasi penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan belajarsiswa.Hah ini terlihat cari obserpasi awal (30,9), siklus I (40,9%), siklus II (66,8%), siklus III (88,6%). Bengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil harna hasil akhir penelitian ini (88,6%)melebihi angka 88% yang telah ditetapkan menjadi criteria keberhasilan tindakan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 01:54
Last Modified: 25 Jan 2016 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1710

Actions (login required)

View Item View Item