PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 1992 TENTANG USAHA PERASURANSIAN TERHADAP ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR (Study Kasus Pada PT. Asuransi Umum Bumi Putera Muda Cabang Pekanbaru)

Dini Ulfa Nesya, (2011) PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 1992 TENTANG USAHA PERASURANSIAN TERHADAP ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR (Study Kasus Pada PT. Asuransi Umum Bumi Putera Muda Cabang Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011120.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 Terhadap Asuransi Kendaraan Bermotor (Study Kasus pada PT Asuransi Umum Bumi Putera Muda Cabang Pekanbaru). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di Jl. Jendral Ahmad Yani Nomor 58C Pekanbaru. Penelitian ini berlangsung pada tanggal 15 November 2010 sampai februari 2011. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala cabang PT Asuransi umum bimi putera muda cabang Pekanbaru, dan manager bagian pelayanan nasabah. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan observasi, wawancara dan study dokumentasi. Selanjutnya penulis menganalisa data dengan menggunakan metode analisa data kualitatif, yaitu analisa dengan jalan mengklasifikasikan data data berdasarkan kategori-kategori atas dasar persamaan jenis dari data-data tersebut diuraikan sehingga diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang akan di teliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan undang-undang no 2 tahun 1992 terhadap asuransi kendaraan bermotor pada PT Asuransi umum bumi putera muda cabang Pekanbaru serta tangung jawab hukum penanggung terhadap tertanggung pada asuransi tersebut. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa sebagian besar pelaksanaan pada asuransi bumi putra cabang pekanbaru telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada serta mengenai tanggung jawab hukum penanggung terhadap kerugian yang diderita oleh tertangung dalam asuransi kendaraan bermotor di PT Asuransi umum bumi putra muda cabang pekanbaru terdapat 2 macam tanggungan yaitu tanggung jawab hokum penanggung terhadap tertanggung serta tanggung jawab hukum terhadapa pihak ketiga. Dan dalam praktek penyelesaia klaim asuransi kendaraan bermotor khususnya pada PT Asyransi umum bumi putra muda cabang Pekanbaru sudah dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang ada serta disepakati pada waktu pelaksanaan perjanjian antara perusahaan asuransi dan tertangung. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa di PT Asuransi umum bumi putra muda cabang Pekanbaru selama menerima klaim dapat diselesaikan tanpa adanya perselisihan dengan pihak tertangung yang sampai ke pengadilan, dan dalam prakteknya selama ini perselisihan yang ada adalah kesalahpahaman pengertian dari pihak tertanggung terhadap polis yang diperjanjikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 26 Dec 2015 07:10
Last Modified: 26 Dec 2015 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item