PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 031 TAMPAN KOTA PEKANBARU

Patimah Lubis, (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 031 TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201152.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 031 Tampan Kota Pekanbaru ditemui gejala-gejala atau fenomena khususnya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam seperti hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, dimana masih banyak sebagian siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, hal ini terlihat dari cara guru mengajar yang kurang menarik perhatian siswa. Metode Proyek merupakan sebuah program yang komprehensif untuk mengajari pelajaran membaca, menulis dan seni berbahasa pada kelas tinggi di sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode Proyek dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas III SDN 031 Tampan Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas III SDN 031 Tampan Kota Pekanbaru melalui metode Proyek. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan, mulai dari bulan Agustus 2010 hingga selesai. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar. Berdasarkan tes hasil belajar pada siklus I dan II, menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada data awal sebelum tindakan perolehan nilai hasil belajar siswa sebesar 49%, siklus I hasil belajar siswa 63% sedangkan pada siklus II peningkatan hasil belajar diperoleh nilai 77%. Dari data di atas diketahui bahwa ada hubungan erat antara peningkatan aktivitas guru dan siswa dengan hasil belajar siswa. Keadaan ini membuktikan bahwa keaktifan guru dan siswa mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Hal ini didukung oleh adanya kecenderungan meningkatnya aktivitas guru dan siswa diiringi dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi ” melalui Metode Proyek dapat meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas III SDN 031 Tampan Kota Pekanbaru” diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:40
Last Modified: 21 Dec 2015 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item View Item