PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 KAMPAR

Enda Sri Lestari, - (2019) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. PENGESAHAN.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. PENGHARGAAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB III.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimen dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi quantum learning terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 4 Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kampar tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 86 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t, uji korelasi (pearson product moment) dan anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diterapakan strategi quantum learning dengan siswa yang tidak diterapkan strategi quantum learning. Pengujian hipotesis bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasilnya diperoleh dan pada taraf signifikan . Maka nilai yang berarti diterima.2) Adanya kontribusi yang diberikan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran matematis yakni dan sisanya ditentukan oleh faktor lain. 3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yakni =1,84 dan nilai yang berarti diterima. Berdasarkan pemaparan tersebut, secara umum pembelajaran dengan strategi quantum learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis. sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 1 Kata Kunci: Strategi Quantum Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Awal Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:37
Last Modified: 29 Jul 2019 06:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16907

Actions (login required)

View Item View Item