HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI TENTANG SIKAP SYAJA’AH DENGAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU

Annisa Prihandini, - (2019) HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI TENTANG SIKAP SYAJA’AH DENGAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. PENGESAHAN.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. PENGHARGAAN.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB III.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala yang menunjukkan tidak ada ada hubungan pemahaman materi tentang sikap Syaja’ah dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pemahaman materi tentang sikap Syaja’ah sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan keaktifan siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan pemahaman materi tentang sikap Syaja’ah dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolerasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, objeknya pemahaman materi tentang sikap Syaja’ah dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI (334 Siswa). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 117 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis datanya menggunakan kolerasi product moment. Berdasarkan pengolahan data terdapat hubungan yang signifikan, dengan perolehan indeks 0,796 pada taraf signifikan 5% = 0,174 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,228. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,174 <0,796> 0,228. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada hubungan yang signifikan pemahaman materi tentang sikap Syaja’ah dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Kata Kunci : Pemahaman, materi tentang sikap Syaja’ah, keaktifan siswa dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:56
Last Modified: 29 Jul 2019 04:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16890

Actions (login required)

View Item View Item