Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Dan Pendidikan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Di Kota Pekanbaru

Abdul Hamid (2018) Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Dan Pendidikan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Di Kota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201876TES_COVER.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201876TES_PENGESAHAN.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201876TES_KATA PENGANTAR.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201876TES_DAFTAR ISI.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201876TES_ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201876TES_BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201876TES_BAB II.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201876TES_BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
9. 201876TES_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
10. 201876TES_BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201876TES_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Penanggulangan kemiskinan merupakan masalah yang harus segera diatasi oleh pemerintah untuk segera dituntaskan dan diputus rantai penyebabnya. Penanggulangan kemiskinan saat ini masih berorientasi material sehingga keberlanjutannya sangat tergantung pada ketersediaan anggaran dan komitmen pemerintah. Langkah kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mengentaskannya salah satunya adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Kesejahteraan merupakan tujuan akhir dari PKH, yaitu meningkatkan kualitas hidup Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan mengakses layanan kesehatan dan pendidikan. Dengan dilaksanakannya PKH diharapkan dapat meningkatkan taraf kehidupan sosial ekonomi, pendidikan, serta kesehatan masyarakat terutama pada kelompok masyarakat miskin. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui implementasi PKH bagi keluarga penerima manfaat (KPM) di kota Pekanbaru (2) mengetahui efektifitas PKH ini dalam meningkatkan ekonomi dan pendidikan anak keluarga penerima manfaat (KPM). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 1 orang koordinator PKH, 2 orang operator PKH, 4 orang pendamping PKH, 3 orang kepala sekolah, serta 20 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sehingga keseluruhan subjek penelitian berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, studi literatur dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan sumber. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukan implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di kota Pekanbaru sudah berjalan selama empat tahun yang dimulai sejak 2013. Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berjumlah 17801 (Tujuh Belas Ribu Depan Ratus Satu) yang sudah tersebar di 12 (Dua Belas) kecamatan. Kegiatan yang dilakukan oleh pendamping dalam implementasi kegiatan PKH diantaranya adalah pertemuan kelompok dan pemutakhiran data, posyandu, dan pencairan dana. Pelaksanaan kegiatan PKH di kota Pekanbaru ini sudah berjalan cukup baik. Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di kota Pekanbaru sangat membantu dalam hal pendidikan anak-anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Faktor Penghambat Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Pekanbaru adalah sulitnya melacak alamat Keluarga Penerima Manfaat i (KPM) dikarenakan KPM selalu berpindah tempat tinggal. Faktor Pendukung Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Pekanbaru adalah semangat yang tinggi yang ditunjukkan oleh KPM sehingga mudah untuk diarahkan oleh para pendamping PKH dalam memberikan informasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:58
Last Modified: 25 Jul 2019 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16797

Actions (login required)

View Item View Item