KLASIFIKASI KEPRIBADIAN AKUN TWITTER BERDASARKAN TWEET MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

RINALDI SYARFIANTO, (2018) KLASIFIKASI KEPRIBADIAN AKUN TWITTER BERDASARKAN TWEET MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018222TIF.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018222TIF.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018222TIF.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018222TIF.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018222TIF.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018222TIF.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018222TIF.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018222TIF.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV_2018222TIF.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
10. BAB V_2018222TIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI_2018222TIF.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018222TIF.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Kepribadian merupakan salah satu hal yang relatif permanen, kepribadian memberikan sifat pada individu dan sangatlah penting bagi perkembangan individu. Kepribadian digunakan dalam pengrekrutan karyawan. Salah satu langkahnya ialah tes psikologi. Tes psikologi yang dilakukan kebanyakan tertulis dan wawancara hal ini memakan waktu, biaya yang mahal serta tempat. Kepribadian secara psikologi menyangkut banyak aspek salah satu pendekatan yang digunakan ialah penerapan pendekatan big five,faktor-faktor yang digunakan terdiri dari 5 yaitu Neurotisme, Ekstraversion, Openness, Agreeableness, Conscientiousness. Saat ini penggunaan sosial media sangat meningkat, dengan ini dapat dimanfaatkan salah satunya sosial mediaTwitter. Kepribadian seseorang dari aktivitas sosial media Twitter diambil dan dianalisa berdasarkan tweet yang ada. Penerapan metode mining dalam pemrosesan teks yang digunakan ialah naive bayes menggunakan 15 akun Twitter dan pelabelan melalui kuesioner yang diperoleh dari pakar psikologi, hasil diperoleh5 keluaran yakni Neurotisme, Ekstraversion, Openness, Agreeableness, Conscientiousness. Parameter yang digunakan yakni probabilitas dari setiap kata yang dilakukan text mining. Dalam penelitian ini pada pengujian berdasarkan jika kata ada dikamus dikembalikan, jika tidak maka tidak dikembalikan akurasi tertinggi yang didapatkan ialah 86,66% dari data set sebanyak 1.500 tweet pada pembagian data70:30 untuk data latih dan uji. Kata Kunci: Big five, Kepribadian, Text mining, Twitter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:24
Last Modified: 25 Jul 2019 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16759

Actions (login required)

View Item View Item