ANALISA KUALITAS JARINGAN INTERNET MENGGUNAKAN METODE QUALITY OF SERVICE(QOS)(Studi Kasus: PT. Perkebunan Nusantara V)

PRAYOGA WIRANDA, (2018) ANALISA KUALITAS JARINGAN INTERNET MENGGUNAKAN METODE QUALITY OF SERVICE(QOS)(Studi Kasus: PT. Perkebunan Nusantara V). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018504SIF.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018504SIF.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018504SIF.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018504SIF.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018504SIF.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018504SIF.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018504SIF.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018504SIF.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018504SIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018504SIF.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018504SIF.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

PT Perkebunan Nusantara V sudah memiliki fasilitas internet yang dapat diakses disemua kantor-kantor yang ada di Riau. PTPNV memiliki bandwidth internet 50 Mbps yang diperoleh dari ISP yaitu Telkom. Akses jaringan internet pada jam 07.00 WIB sampai 17.00 WIB user tidak dapat mengakses media sosial, streaming dan sebagainya. Userhanya dapat mengakses situs surat elektronik, situs pemerintahan, situs Bank Mandiri dan BRI. Namun sebagian pegawai banyak yang mengeluhkan lambatnya akses jaringan internet yang mereka gunakan dan sering kali komplain tentang kinerja internet atau jaringan wireless yang sering mengalami kesulitan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas layanan jaringan internet yang berada di Pabrik Kelapa Sawit, Unit Bisnis Strategi, Kebun Inti, dan Kantor Pusat serta dapat menghasilkan suatu informasi berupa hasil analisa jaringan internet yang sesuai dengan standar Quality of Service.Penelitian ini bersifat kualitatif, pengukuran menggunakan tools Command Prompt. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas jaringan pada Lokasi UBS Sei Galuh sebesar 2,83, PKS Sei Pagar2,67, dan Kantor Pusat2,58.Hasil ini terbukti dari nilai tersebut menurut standar Telecommunications Internet Protocol Harmonization Over Networkkualitas layanan jaringan internet kurang memuaskan.Hasil dari rekomendasi topologi jaringan tersebut bandwidth yang direkomendasikan adalah 80 Mb. Kata Kunci: Bandwidth, Internet, QoS, TIPHON, Wireless

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:49
Last Modified: 24 Jul 2019 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16692

Actions (login required)

View Item View Item