NOFRI YULIANTO (2018) DESAIN SISTEM PENGENDALI KECEPATAN MOTOR BRUSHLESS DC(BLDC) MENGGUNAKAN PENGENDALI HYBRID LOGIKAFUZZY–PID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018227TE.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018227TE.pdf Download (794kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018227TE.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018227TE.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018227TE.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018227TE.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018227TE.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018227TE.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018227TE.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018227TE.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018227TE.pdf Download (214kB) | Preview |
Abstract
BLDC merupakan motor sinkron, yang berarti medan magnet yang dihasilkan oleh rotor dan stator mempunyai frekuensi sama.BLDC sendiri memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan motor DC, diantaranya efisiensi tinggi, respon dinamis yang tinggi, umur operasi yang panjang, tidak berisik,dan kecepatan yang tinggi. BLDC memiliki biaya perawatan yang lebih rendah dan kecepatan yang lebih tinggi akibat tidak adanya brush.Untuk mengatur motor BLDC agar berjalan dengan optimal dibutuhkan suatu pengendali yang mampu untuk mengatasi kekurangan dari motor BLDC, salah satu pengendali yang dapat digunakan adalah pengendali fuzzy. pengendali fuzzy memiliki keunggulan mampu memodelkan fungsi–fungsi yang kompleks dan memiliki persamaan matematis yang sederhana dalam rancang kendali. Tapi pengendali fuzzy ini memiliki kelemahan berupa overshoot dan osilasi sistem. Salah satu pengendali yang mampu mengatasi kelemahan overshoot dan osilasi sistem dari pengendali fuzzy adalah pengendali PID (proportional integral derifative).PID memiliki keunggulan yaitu struktur kendali yang sederhana dan dapat dimengerti dengan mudah. Perancangan pengendali utama mendesain kendali fuzzy, lalu perancangan kendali PID, setelah itu penggabungan pengendali fuzzy dan PID. Sistem ditambahkan dan dilakukan pengujian. Berdasarkan pengujian terlihat bahwa terdapat gangguan yang diberikan pada detik ke 0.2 sampai detik ke 0.3. Setelah diberikan gangguan sebesar 15% nilai set point hasilnya kecepatan motor BLDC berubah naik dari nilai setpoint500Rpm menjadi 500.6454Rpm dengan maksimum overshoot0,12908% sampai detik ke 0.3. Dan kembali stabil ke 500Rpm pada detik ke 0.3001.Kata kunci : Fuzzy, Hybrid Fuzzy-PID, Motor BLDC
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 03:05 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 03:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16576 |
Actions (login required)
View Item |