Sari Oktariani, - (2019) PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR OUTDOOR DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL KAUTSAR KAMPUNG BARU SENTAJO KECAMATAN SENTAJO RAYA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
3. PENGESAHAN.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
6. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text (Bab IV)
14. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
||
|
Text
15. BAB V.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurang maksimalnya fungsi dari lingkungan belajar outdoor di Taman Kanak-kanak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seperti apa pengelolaan lingkungan belajar outdoor di TK Islam AlKautsar Kampung Baru Sentajo Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Dalam penelitian ini mendapat empat orang informan yang berada di TK Islam Al-Kautsar Kampung Baru Sentajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengikuti langkah-langkah; 1)mengumpulkan semua data yang dibutuhkan dan terkait dengan penelitian baik yang bersifat primer maupun sekunder, 2) data tersebut diseleksi kevalidannya; 3)kemudian data tersebut dianalisis; 4) dan selanjutnya data diurai atau diklarifikasi dalam kategori-kategori untuk dijadikan kerangka demi memudahkan dalam membuat sistematika penelitian. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa, perencanaan lingkungan belajar outdoor dilakukan oleh pihak yayasan, dalam pelaksanaan pengelolaan lingkungan belajar outdoor melibatkan guru-guru dan kepala sekolah, fungsi kepala sekolah dalam membimbing guru-guru dalam pelaksanaan pengelolaan lingkungan belajar outdoor juga sudah terealisasi dengan baik, dan juga untuk tahapan evaluasi, kepala sekolah melakukan evaluasi bersama pihak yayasan saat rapat evaluasi. Kendala yang dihadapi oleh guru dan kepala sekolah adalah penanganan alat-alat permainan yang rusak terbilang cukup lambat sehingga alat permainan outdoor masih tidak mencukupi dibandingkan dengan banyak anak. Pengelolaan lingkungan belajar outdoor di TK Islam Al-Kautsar sudah baik sesuai dengan teori yang ada. Kata Kunci: Pengelolaan, Lingkungan Belajar Outdoor
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 07:32 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 07:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16549 |
Actions (login required)
View Item |