SISTEM PAKAR PENENTUAN GAYA BELAJAR ANAK (STUDI KASUS: SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BINTANG CENDEKIA)

MUHAMMAD SETYO, (2018) SISTEM PAKAR PENENTUAN GAYA BELAJAR ANAK (STUDI KASUS: SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BINTANG CENDEKIA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018258SIF.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018258SIF.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018258SIF.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018258SIF.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018258SIF.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018258SIF.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018258SIF.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018258SIF.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV_2018258SIF.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
10. BAB V_2018258SIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI_2018258SIF.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018258SIF.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bintang Cendekia adalah sekolah swasta yang bergerak dibidang pendidikan Islam. Di sekolah ini masih terdapat kesalahan penentuan gaya belajar siswa dikarenakan sulitnya menentukan gaya belajar anak. Pihak sekolah sudah menggunakan jasa seorang psikolog anak untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), namun pakar tidak bisa melakukan tes penentuan gaya belajar anak dikarenakan jumlah anak yang banyak sehingga waktu yang dimiliki tidak mencukupi. Penelitian ini menggunakan sistem pakar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sistem pakar akan memindahkan kemampuan tertentu dari psikolog anak ke dalam komputer. Gaya belajar pada penelitian ini dibagi menjadi 3, yaitu: visual, auditorial dan kinestetik berdasarkan standar Neuro-Linguistic Programming(NLP). Sistem pakar yang dibuat berbasis rule if-then. Metode inferensi yang digunakan adalah forward chaining. Sistem pakar ini dibuat berbasis web. Hasil uji blackbox menunjukkan fitur-fitur sistem yang dibuat berjalan dengan tingkat keberhasilan 100%. Hasil unit test menunjukkan bahwa sistem telah berhasil melakukan inferensi dengan benar. Hasil user acceptance test menunjukan tingkat penerimaan pengguna adalah sangat baik yaitu 90%. Berdasarkan hasil uji-uji tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem pakar yang telah dibuat dapat direkomendasikan untuk digunakan oleh pengguna sebagai alat bantu untuk diagnosa penentuan gaya belajar anak.Kata Kunci:Gaya Belajar, Psikologi Anak, Sistem Pakar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:08
Last Modified: 22 Jul 2019 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16534

Actions (login required)

View Item View Item