Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENEGAKAN AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR OLEH DEWAN PIMPINAN DAERAH FRONT PEMBELA ISLAM (DPD-FPI) PEKANBARU DITINJAU MENURUT FIQH SIYASAH

MUSTARIP DALIMUNTE (2018) PENEGAKAN AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR OLEH DEWAN PIMPINAN DAERAH FRONT PEMBELA ISLAM (DPD-FPI) PEKANBARU DITINJAU MENURUT FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018301JS.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018301JS.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018301JS.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018301JS.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018301JS.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018301JS.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018301JS.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018301JS.pdf

Download (867kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018301JS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018301JS.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018301JS.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tindakan organisasi DPD-FPI Kota Pekanbaru dalam hal kegiatan pembubaran seperti prostitusi, perjudian, minuman keras dan lainnya. Sedangkan dalam negara hukum yang berwewenang menegakkan yaitu polisi,jaksa dan hakim. Sedangkan individu atau kolompok masyarakat tidak berwewenang main hakim sendiri. Yang mana amar ma’ruf nahi munkar merupakan sebuah kewajiban ummat beragama.. Disinilah pentingnya upaya penegakan yang melibatkan DPD-FPI Pekanbaru untuk melaksanakan dan menegakkan amar ma’ruf dan nahi munkar. Pokok masalah yang diteliti adalah pertama bagaimana penegakan amar ma’ruf nahi munkar di Pekanbaru? kedua apa saja faktor penghambat dalam menegakkan amar ma’ruf nahi munkar di Pekanbaru? ketiga bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap pelaksanaan amar ma’ruf nahi munkar oleh DPD-FPI di Pekanbaru? Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih jelas bagaimana penegakan amar ma’ruf nahi munkar dan pengaruhnya terhadap masyarakat dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dalam kegiatan amar ma’ruf nahi munkar dan bagaimana pandangan siyasah terhadap amar ma’ruf nahi munkar oleh DPD-FPI Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan di DPD-FPI Pekanbaru yang berlokasi di jalan Sungai Kampar Kec. Lima Puluh. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dengan ketua umum DPD-FPI (ketua bidang tanfidz), ketua bidang amar ma’ruf, ketua bidang nahi mukar, wakil sekrearis III DPD-FPI Pekanbaru. Hasil penelian ini yaitu penegakan amar ma’ruf nahi munkar melalui dakwah, hisbah dan jihad. Faktor penghambat dalam menegakkan amar ma’ruf nahi munkar diantaranya faktor internal dan eksternal. Adapun faktor iternal seperti banyaknya aktivis yang sudah bekerja, keterbatasan ilmu, kelemahan dalam pendekatan dakwah, dana atau biaya. Sedangkan faktor eksternal yaitu tidak ada wewenang dari pemerintah, ancaman dari non Islam, dan media massa. Menurut fiqh siyasah penegakan amar ma’ruf nahi munkar yang dilakukan DPDFPI Kota Pekanbaru tidaklah bertentangan dengan syari’at agama, sekalipun tindakan yang dilakukan tidak diatur secara kongkrit di dalam al-Qur’an, namun berdasarkan tujuan serta target dan kegunaannya sama dengaan tujuan manusia diciptakan untuk saling menasehati dalam kebenaran, baik dalam berbangsa ataupun bernegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 18 Jul 2019 02:22
Last Modified: 18 Jul 2019 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16222

Actions (login required)

View Item View Item