Maya Sari Yusti, - (2019) EXPLORING STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF ACADEMIC JOURNAL ARTICLES : A CASE STUDY AT ENGLISH STUDY PROGRAM ISLAMIC UNIVERSITY OF RIAU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
3. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR PDF.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI PDF.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB 1 PDF.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II PDF.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III PDF.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab IV)
9. BAB IV PDF.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (977kB) |
||
|
Text
10. BAB V PDF.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf Download (669kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari riset ini adalah untuk menemukan pemahaman memabaca jurnal artikel akademis, kesulitan membaca, dan strategi membaca. Subject dari riset ini adalah mahasiswa-mahasiswa semester 6 program studi bahasa inggris universitas Islam Riau. Jenis penelitan ini adalah penelitian metode campuran. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 138 siswa, jumlah sampel sebanyak 103 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah 103 menggunakan random sampling method dan 6 menggunakan purposive sampling method. Pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, interview, dan dokumentasi. Data yang sudah di kumpulkan dianalisis dengan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Kemudian proses dilanjutkan dengan 3 tahapan untuk menanalisis data kualitatif, data di reduksi, data di sajikan, dan kesimpulan/ verivikasi data. Hasilnya adalah level pemahaman membaca mahasiswa dalam memahami jurnal artikel akademis dikategorikan 11.65 % istimewa, 43.69 % baik, 40.78 % cukup baik, 3.88 % buruk dan tak satupun dalam level sangat buruk. Berdasarkan interview, mayoritas siswa masih memiliki pemahaman membaca jurnal artikel akademis yang rendah Khususnya dalam tes membaca dalam standar internasional, rata-rata mahasiswa masih mendapatkan nilai 19 %. Mayoritas mahasiswa masih memiliki kesulitan dalam membaca jurnal artikel akademis. Kesulitan membaca mahasiswa dalam memahami jurnal artikel akademis adalah 33 % tidak menghadapi kesulitan, 2.91 kurang minat baca, 9.70 % kurang memiliki latar belakang pengetahuan, and 40.77 % kurang kosa kata. Berdasarkan wawancara tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa kurang motivasi dalam membaca artikel jurnal akademik adalah salah satu faktor kesulitan membaca. Jadi, kurangnya motivasi dan kurangnya minat adalah kesulitan utama dalam membaca artikel jurnal akademik. Kesulitan lain yang terjadi pada kebanyakan dari mereka adalah kesulitan dalam memahami kata-kata besar yang mereka baca, melupakan kosa kata yang mereka pelajari, dan memiliki kosa kata yang buruk. Strategi membaca siswa dalam bahasa Inggris dikategorikan ke dalam tinggi, sedang dan rendah. Siswa yang mendapatkan level tinggi adalah 41 siswa dengan 39,42%. Kemudian, siswa yang mendapat tingkat menengah adalah 21 siswa dengan 20,19%. Terakhir, siswa di level rendah adalah 42 siswa dengan 40,38%. . Berdasarkan wawancara, Dapat disimpulkan bahwa Pertama, mereka semua bergantung pada strategi dukungan seperti menggunakan kamus, meminta dosen atau teman dan menggarisbawahi kata-kata kunci untuk membantu pemahaman. Kedua, mereka menggunakan judul, gambar sebagai bagian dari orientasi cerita dan saya tidak menguraikan, menyimpulkan, memprediksi atau merangkum saat membaca. Berikutnya, mereka cenderung menggunakan teknik Pemindaian, Skimming, dan membaca terperinci. Kata Kunci : Pemahaman Membaca, Jornal Artikel Akademis, Studi Kasus.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 17 Jul 2019 08:11 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 08:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16205 |
Actions (login required)
View Item |