ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PEMILIHAN GUBERNUR RIAU 2018 PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR DAN NAÏVE BAYES

IRVAN FEBRY, (2018) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PEMILIHAN GUBERNUR RIAU 2018 PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR DAN NAÏVE BAYES. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018577SIF.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018577SIF.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018577SIF.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018577SIF.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018577SIF.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018577SIF.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018577SIF.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018577SIF.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018577SIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018577SIF.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018577SIF.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2018masyarakat Riau menyelenggerakan pesta demokrasi dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau untuk masa jabatan 2018-2023. Pada pilkada ini terdapat empat calon gubernur (cagub)dan calon wakil gubernur (cawagub). Dalam pra-pelaksanaan maupun pelaksanaannya, banyak opini masyarakat yang berkembang kepada setiap calon gubernur Riau2018, baik itu menggunakan mediasosialataupun media konvensional.Salah satu media sosial yang digunakan untuk menuangkan opini oleh masyarakat adalah Twitter. Pengguna Twitter di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Karena berdasarkan data yang dirilis eBizMBA pada tahun 2017, Indonesia masuk dalam 10 negara di dunia dengan jumlah kunjungan pengguna yang tinggi ke laman Twitter. Mulai 1 Juli 2017, Twitter menempati peringkat ketiga Website Jejaring Sosial terpopuler dengan rata-rata kunjungan 400 juta kali dalam satu bulan. maka twitter juga dimanfaatkan oleh instansi ataupun wirausaha untuk meninjau pendapat pengguna mengenai program-program pemerintah yang sedang berjalan, isu-isu yang sedang beredardi masyarakat ataupun sebagai media kampanye politik. Dalam penelitian ini,data yang diperoleh dan dipergunakan adalah data Twitter dengan keyword mention ke akun resmi cagubRiau 2018 “Paslon Gubernur1, Paslon Gubernur2, Paslon Gubernur3, Paslon Gubernur 4” yang dibagi menjadi data latih dan data uji serta dibagi sentiment menjadi 3 kelas, yaitu positif, negatif,dan netral dengan menggunakan metode K-nearest neighbor (KNN)dan Naïve Bayes Classifier(NBC)pada metode NBC untuk klasifikasi data Paslon 1, mendapatkan akurasi mencapai 89.8%. Dalam penelitian ini juga dapat diketahui metode NBClebih tinggi akurasinya untuk klasifikasi sentimen dibandingkan dengan metode KNN yang hanya mendapatkan akurasi tertinggi mencapai 86.0%.Kata kunci: Akurasi, Cagub, Cawagub, K-nearest neighbor, Naïve bayes,Pilkada, Twitter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 17 Jul 2019 02:24
Last Modified: 17 Jul 2019 02:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16063

Actions (login required)

View Item View Item