Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TANGGUNG JAWAB DEALER DALAM JUAL BELI SEPEDA MOTOR BARU YANG BERGARANSI SECARA KONTAN DALAM HAL ADANYA KERUSAKAN MESIN MENURUT UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 PADA PT. CAPELLA DINAMIK NUSANTARA CABANG AIR TIRIS

WAHYUDA (2018) TANGGUNG JAWAB DEALER DALAM JUAL BELI SEPEDA MOTOR BARU YANG BERGARANSI SECARA KONTAN DALAM HAL ADANYA KERUSAKAN MESIN MENURUT UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 PADA PT. CAPELLA DINAMIK NUSANTARA CABANG AIR TIRIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018448IH.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018448IH.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018448IH.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018448IH.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018448IH.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018448IH.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018448IH.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018448IH.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018448IH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018448IH.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018448IH.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

PT Capella Dinamik Nusantara sebagai penjual memiliki kewajibankewajiban yang telah diatur oleh undang-undang sehingga dapat menjamin perlindungan hukum terhadap pembeli. Pasal 7 huruf (d) UUPK menyatakan bahwa pelaku usaha memiliki kewajiban untuk menjamin mutu barang atau jasa yang diproduksi atau diperdagangkan berdasarkan ketentuan standar mutu barang atau jasa yang berlaku. Namun pada pembelian sepeda motor baru sangatlah sukar untuk melihat cacat tersembunyi, sehingga apabila terjadi kerusakan pada sepeda motor tersebut bagaimana dengan tanggung jawab dealer kepada konsumen. Permasalahan pada penelitian ini adalah : Bagaimanakah tanggung jawab dealer apabila terdapat kerusakan mesin pada motor baru yang bergaransi pada PT. Capella Dinamik Nusantara Cabang Air Tiris, Faktor penghambat dalam pelaksanaan tanggung jawab dealer apabila terdapat kerusakan mesin sepeda motor baru yang bergaransi pada PT. Capella Dinamik Nusantar Cabang Air Tiris. Populasi pada penelitian ini adalah pimpinan, karyawan dan konsumen pada PT. Capella Dinamik Nusantar Cabang Air Tiris. Diambil menggunakan Purposive sampling yaitu dengan menunjuk langsung sampel yang akan diambil. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong penelitian yuridis sosiologis yaitu dengan cara langsung penelitian kelapangan terhadap objek yang dimaksud untuk memperoleh data dan dijamin kebenarannya dan penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab dealer apabila terdapat kerusakan mesin pada motor baru yang bergaransi pada PT. Capella Dinamik Nusantara Cabang Air Tiris, Faktor penghambat dalam pelaksanaan tanggung ii jawab dealer apabila terdapat kerusakan mesin sepeda motor baru yang bergaransi pada PT. Capella Dinamik Nusantar Cabang Air Tiris. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa, tanggung jawab dealer apabila terdapat kerusakan mesin pada motor baru yang bergaransi pada PT. Capella Dinamik Nusantara cabang Air Tiris, tidak mendapat penggantian dari pihak penjual karena dianggap merupakan kesalahan pembeli atau konsumen. Demikian juga halnya dengan kerusakan karena unsur kesengajaan karena kebut-kebutan, mengikuti balapan dan sebagainya, tidak menjadi tanggung jawab penjual, tetapi merupakan tanggung jawab pihak pembeli. Faktor penghambat dalam pelaksanaan tanggung jawab dealer apabila terdapat kerusakan mesin sepeda motor baru yang bergaransi pada PT. Capella Dinamik Nusantar cabang Air Tiris, antara lain adalah pembeli terlambat memberikan laporan sehingga penjual tidak mengetahui kondisi kendaraan yang sebenarnya. Kemudian dilakukannya pemeriksaan oleh mekanik dan harus menunggu persetujuan dari kantor pusat terhadap penggantian yang rusak tersebut, tentunya pembeli harus menunggu dalam waktu yang lama, dan ini merupakan kendala yang dihadapi oleh penjual atau pihak perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 17 Jul 2019 01:15
Last Modified: 17 Jul 2019 01:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16043

Actions (login required)

View Item View Item