IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE MINING UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN BUKU (Studi Kasus: Penerbit dan Toko Buku Zanafa)

HERMAWANTO, (2018) IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE MINING UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN BUKU (Studi Kasus: Penerbit dan Toko Buku Zanafa). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201865SIF.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201865SIF.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201865SIF.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201865SIF.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201865SIF.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201865SIF.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201865SIF.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201865SIF.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV_201865SIF.pdf

Download (934kB) | Preview
[img] Text
10. BAB V_201865SIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI_201865SIF.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_201865SIF.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Toko Buku Zanafa merupakan salah satu Toko Buku terbesar di Kota Pekanbaru yang saat ini mulai banyak dikenal oleh masyarakat. Tingginya persaingan dalam memenuhi kebutuhan konsumen membuat pihak pengelola Toko Buku harus mampu mencermati dan menentukan pola pembelian untuk membantu merencanakan strategi pemasaran seperti pengaturan tata letak, promosi, persediaan stok buku. Data transaksi penjualan pada Toko Buku Zanafa semakin lama semakin banyak, jika tidak dimanfaatkan hanya akan menjadi tumpukan data yang tidak bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknik asosiasi algoritma aprioripada aplikasi berbasis webuntuk menentukan pola pembelian buku di Toko Buku Zanafa dengan memanfaatkan data transaksi penjualanbuku pada periode Januari sampai Maret 2016. Algoritma apriori merupakan salah satu teknik asosiasi untuk mengetahui pola pembelian untuk membantu dalam strategi pemasaran. Berdasarkan pengujian dengan minimum support sebesar 4% dan minimum confidence50% menghasilkan pola jika membeli buku TK dan PAUD maka akan membeli buku cerita anak dengan support4,9% dan confidence51%.Dari 408 transaksi yang terjadi dibulan Januari sampai Maret 2016dengan jumlah 2 itembuku kategori TK danPAUDdan buku kategori Cerita Anak sering dibeli secara bersamaan. Berdasarkan hasil pengujian blackbox dan tanagra 4.1dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibuat menggunakan algortima apriori dapat direkomendasikan untuk menentukan pola pembelian buku di Toko Buku Zanafa.Kata Kunci: Apriori, Association Rule Mining,Blackbox, Pola Pembelian, Toko Buku Zanafa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:00
Last Modified: 16 Jul 2019 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15976

Actions (login required)

View Item View Item