PENERAPAN STRATEGI SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 066 DELI MAKMUR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Wasir Sopian, (2011) PENERAPAN STRATEGI SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 066 DELI MAKMUR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011172.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 066 Deli Makmur Kabupaten Kampar, ditemui beberapa gejala atau fenomena, seperti; 1) Dari 23 orang siswa hanya 11 orang siswa atau lebih kurang 50% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Adapun KKM yang telah ditetapkan untuk pelajaran Pkn adalah 70. 2) Siswa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang disajikan oleh guru, hal ini terlihat ketika guru memberikan soal ulangan, sebagian siswa tidak dapat menjawab dengan benar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah dengan Penerapan strategi snowbal drilling dapat meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 066 Deli Makmur Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar? Zaini, dkk menjelaskan bahwa strategi pembelajaran ini digunakan untuk mendapatkan jawaban yang dihasilkan dari diskusi siswa secara bertingkat. Dimulai dari kelompok kecil kemudian dilanjutkan dengan kelompok yang lebih besar sehingga pada akhirnya akan memunculkan dua atau tiga jawaban yang telah disepakati oleh siswa secara berkolompok. Sehingga melalui penerapan strategi ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 066 Deli Makmur Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa dengan rata- rata nilai 70, nilai ini berada pada interval 70 – 89 atau dalam kategori baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat dengan rata-rata nilai 80, nilai ini berada pada interval 70 – 89 atau dalam kategori baik pula. Kemudian jika ditinjau dari segi indikator keberhasilan, maka penelitian ini dikatakan berhasil. Karena pada siklus kedua telah diperoleh ketuntasan sebesar 100%. Artinya ketuntasan belajar telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan (minimal nilai 70).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 09:22
Last Modified: 22 Jan 2016 09:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item