PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD NEGERI 29 GAJAH SAKTI KEC.MANDAU KAB. BENGKALIS

Debby Indah Sagita, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SD NEGERI 29 GAJAH SAKTI KEC.MANDAU KAB. BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011171.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 29 Gajah Sakti Kec. Mandau Kab. Bengkalis setelah diterapkan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) khususnya pada materi kegiatan ekonomi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 29 Gajah Sakti Kec. Mandau Kab. Bengkalis yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan tindakan kelas Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan hasil belajar IPS, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal dan tes hasil belajar. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa maka data tersebut dianalisis dalam bentuk statistik deskriptif dan analisis inferensial. Dari hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh peningkatan persentase ketercapaian indikator dari 62.5% (tanpa tindakan) menjadi 64.67% (siklus I), 69.83% (siklus II) dan 83.67% (siklus III). Kemudian dari analisis perbandingan dengan menggunakan Test “t”diperoleh to= 8,466 berarti lebih besar dari dari harga kritik”t” atau tt baik pada taraf signifikan 5% (2,04) dan pada taraf signifikan 1% (2,76) dengan demikian Ha diterima dan Ho maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi kegiatan ekonomi kelas V SDN 29 Gajah Sakti Kec. Mandau Kab. Bengkalis setelah penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) meningkat dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 09:14
Last Modified: 22 Jan 2016 09:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item