MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MASA PERSIAPAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SD NEGERI O77 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Susi Deswita, (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MASA PERSIAPAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SD NEGERI O77 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011154.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan fenomena yang terjadi dilapangan pada siswa Kelas V SD Negeri 077 Padang Mutung Kecamatan Kampar. yaitu rendahnya kemampuan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Masa Persiapan Kemerdekaan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan Metode Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Kelas V SDN 077 Padang Mutung Kecamatan Kampar. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SD Negeri 077 Padang Mutung, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan tes terhadap kemampuan belajar siswa setelah pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa tingkat kemampuan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa hanya dengan nilai rata-rata 69 dan berada pada kategori “Cukup” antara rentang 61 -70 dengan demikian ternyata hasil yang diperoleh pada siklus I belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka kemampuan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa meningkat dengan nilai rata-rata 71,75 pada kategori “Baik” terletak pada rentang 71-85. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Dengan penggunaan Metode Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 077 Padang Mutung Kecamatan Kampar dapat “Diterima” artinya apabila diterapkan Metode Problem Solving secara tepat dan benar maka siswa akan menjadi lebih aktif dan pada gilirannya dapat meningkatkan kemampuan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 09:13
Last Modified: 22 Jan 2016 09:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1564

Actions (login required)

View Item View Item